Sunday, December 18, 2011

Dance New Creations (Tari Kreasi Baru)


Tari kreasi baru adalah suatu tarian yang dikemas dan dikreasikan dengan menggunakan basic tari traditional,contoh dari tari kreasi baru.
  • Gandrung Banyumasan ( Ngethek )


Tari Gandrung Banyumasan ( ngethek) adalah jenis tarian pergaulan yang dibawakan secara berpasangan laki – laki dan perempuan dengan diiringi gamelan bernuansa banyumasan. Tarian ini menggambarkan tentang kehidupan remaja dalam hubungan  percintaan yang diekspresikan melalui gerak –gerak dinamis dan unsur – unsur komedi.
































  • Tari Angguk ( Modern )

 

Angguk Modern adalah jenis kesenian atau tarian kemasan/kreasi baru dengan mengambil dasar  pada Tarian Angguk yang sebenarnya.
Angguk adalah Kesenian rakyat yang lahir pada jaman penjajahan Belanda atau lebih dikenal dengan istilah Kompeni,  sehingga kostum yang digunakan dalam penampilan pertunjukan dipengaruhi oleh seragam Kompeni pada jaman itu. Hal ini terlihat pada design kostum yang dipakai oleh penari Angguk Modern tersebut. Kesenian angguk ditarikan oleh penari perempuan secara kelompok dengan lebih banyak menonjolkan gerak – gerak yang dinamis dan erotis.


No comments:

Post a Comment